Tips Liburan Hemat Gaya Sultan Ala Fitro Bagus

Dok. pribadi @firobagus

Halo travellers,  balik lagi nih sama si Fitro Bagus anak Gembel Glamour jalan-jalan. Sobat milenial perlu tau nih kalau sebenarnya traveling itu tidak melulu harus mengeluarkan duit banyak untuk bisa menuju lokasi wisata yang mewah dan asik. Intinya kita yang dutinya pas-pasan sangat mungkin untuk liburan hemat gaya Sultan.

Nah karena itulah aku si anak Gembel Glamour jalan-jalan mau berbagi tips dan trik bagaimana liburan murah ala backpacker tapi tetap tetap bisa hedon kayak Sultan. Yuk kita mulai!

Dalam dunia traveling ada tiga hal yang bisa ditekan untuk mengendalikan anggaran, yaitu biaya makan, biaya transportasi, dan tempat menginap. Inget ya, mengelola keuangan saat traveling itu adalah keharusan.

Pertama, kita akan bahas soal biaya makan. Biasakan untuk survei terleih dahulu harga setiap menu makanan yang ditawarkan di setiap rumah makan. Sebagai wisatawan kamu boleh banget untuk bertanya kepada pemilik rumah makan tentang tarif yang ditetapkan, karena dengan begitu kamu akan mendapatkan harga yang jelas dan mengantisipasi untuk tidak digetok di belakang. Mencari referensi warung makan murah melalui google juga bisa menjaadi cara jitu buat kamu yang suka cobain kuliner khas setempat.

Nah yang kedua soal transportasi nih. Kamu pasti taukan jika transportasi ini adalah salah satu elemen penting dalam melakukan perjalanan. Banyak wisatawan yang melakukan  perjalanan dengan sistem nebeng (hitchhiking). Ada yang naik kereta, bus bahkan pesawat. Kalau aku sih cari tiket pesawat promo dulu, karena selain lebih cepat dan gak capek,  kita juga bisa mendapatkan tiket pesawat seharga tiket kereta dan bus loh. Nih aku kasih tau tips-nya untuk dapatin tiket pesawat murah ya.

Langkah paling utama adalah kamu harus rajin-rajin buka website maskapai penerbangan. Kamu juga bisa pakai jasa travel agent online seperti Traveloka, booking.com, tiket.com, dll. Carilah tiket pesawat dan hotel di malam hari jam 01-04 dini hari. Kenapa? karena biasanya harga tiket yang muncul akan lebih murah di jam segitu. Khusus Rabu, Kamis, Jumat usahakan pesan jauh-jauh hari ya sobat milenial. Pengalaman banget karena aku pernah dapat free seat dari Airasia dengan harga tiketnya cuma Rp10.000 rute Jakarta-Singapura, terus pakai Tiger Air ke Malaysia Rp38.000 termasuk untuk rute Jakarta-KL. Semua harga tiket itu aku dapatkan dengan harga promo.

Bocoran informasi buat kamu nih sobat milenial, untuk airport yang biasa kasih banyak promo itu adalah penerbangan Jakarta dan Surabaya. Biasanya kedua bandara itu paling sering kasih promo tiket pesawat. Mungkin karena tempat transit paling banyak kali ya!

Wah aku yakin banget, setelah aku kasih tips ini ke kamu bakalan ada banyak pesaingku yang bakal ikutan berburu tiket promo pesawat. 

Oke kita lanjutkan ke tips yang ketiga tentang penginapan. Sobat milenial bisa tidur di hotel melati alias yang serba murah atau penginapan dengan sistem sekamar bersama (dormitory) atau jika mungkin kamu bisa mendirikan tenda di pantai atau di hutan. Tapi, sebagai traveler yang suka keliling-keliling, aku selalu merekomendasikan kamu untuk menginap di hotel backpacker ya.

Buat sobat milenial yang mau memesan hotel juga lebih baik cari referensi di travel agent online seperti yang aku sampaikan, traveloka, tiket.com, booking.com, dll. Cari hotel di jam yang sama juga, lalu telpon ke pihak hotel untuk membandingkan harga booking lwat applikasi. Bandingkan deh mana harga hotel yang lebih. Kalau yang lebih murah pesan hotel lewat aplikasi mending kamu langsung aja pesan di aplikasinya. 

Itu dia tiga tips dan trik liburan hemat ala Fitro Bagus. Pokoknya, kamu yang ngejalain tiga tips di atas dijamin bisa liburan hemat gaya Sultan tanpa harus keluar duit yang banyak. Good luck ya, guys!

Sekian tips dari aku dan sampai jumpa di tips-tips yang yang lain ya! Jangan lupa foto sebagai bukti bahwa kalian adalah The Real Sultan(FB)

Posting Komentar untuk "Tips Liburan Hemat Gaya Sultan Ala Fitro Bagus"