Murah Meriah! Nih Lima Tips Jalan-Jalan ke Nusa Penida ala Fitro Bagus

Foto: @fitrobagus (Juni 2022)
Siapa sih yang tidak kenal Bali? tentu kamu sudah pernah dengar dong tentang Bali dan keindahannya? Siapa sangka dibalik keeksotisan Bali ternyata ada lagi surga tersembunyi yang musti kamu hampiri, yaitu pulau Nusa Penida. 

Nusa Penida adalah salah satu pulau berpenghuni yang dimiliki Bali dan masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Klungkung. Nusa Penida ini cukup hits di kalangan para pelancong domestik maupun internasional. 

Pagi ini, dari Pantai Sanur Bali aku akan menuju ke Nusa Penida. Mau tau tips-nya? 

Pertama, kita pesan tiket kapalnya terlebih dahulu. Tiket ke Nusa Penida bisa dipesan secara online atau on the spot (langsung ditempat).

Kedua, setelah kamu mendapatkan tiketnya kamu bisa langsung menaiki speed boat dengan tarif berkisar Rp50.000-75.000 untuk wisatawan domestik dan Rp110.000 untuk wisatawan mancanegara. Waktu tempuh dari Pantai Sanur ke Nusa Penida sekitar 30 menit.

Ketiga, sesampainya di Pulau Nusa Penida kamu bisa langsung sewa motor dengan kisaran harga Rp65.000-130.000. Tarif ini tentu tergantung jenis motor apa yang ingin kamu pakai. Tarif ini per hari loh ya. Menyewa motor di Nusa Penida bisa ditawar loh, tergantung bagaimana cara kamu negosiasi dengan para pemilik motor. Semoga kamu beruntung dan bisa bertemu pemilik motor yang dermawan.

Keempat, bagi kamu yang solo traveler seperti aku, kamu bisa pesan hotel melalui aplikasi seperti booking.com, traveloka, tiket.com, dll., karena biasanya harganya lebih murah daripada beli di lokasi. 

Nah, kalau kamu solo traveler sebaiknya kamu pesan aja penginapan ala dormitory. Dorminatory adalah penginapan berkonsep layaknya asrama yang memungkinkan kamu tinggal satu kamar dengan traveler lainnya yang gak kamu kenal. Istilahnya sekamar bareng sama wisatawan lain alias sharing kamar.  

Penginapan ala dormitory tarifnya per malam antara Rp50.000-100.000, tapi nih ya kalau kamu pinter cari hotel murah lewat aplikasi yang sering kasih promo, kamu bisa banget dapat kamar khusus tanpa campur sama wisatawan lain (private room) dengan harga yang miring.

Kelima, pastikan kamu sudah punya rencana perjalanan (mapping) sebelum memutuskan jalan-jalan ke Nusa Penida ya! Tentukan dulu mana tujuan yang harus di kunjungi di Nusa Penida, misalnya mau dimulai dari  sisi barat dulu atau timur dulu. 

Kalau kamu ingin mulai perjalanan dari arah barat dulu kalian bisa mengunjungi Kelingking Beach, Paluang Cliff, Broken Beach, Angel Bilabong, dan Crystal Bay, terus dilanjutkan dengan rute timur yaitu Atuh Beach, Diamond Beach, Tree House, Thousands Island, dan juga Teletubbies Hill. 

Nah, buat kamu yang suka foto pastikan ke Klingking Beach ya karena spot foto di Kelingking Beach dijamin keren banget. Kamu bisa foto dari sudut atas dengan cara berdiri di atas anak tangga. Jumlah anak tangga di Kelingking Beach sangat banyak dan cukup berbahaya, tapi pemandangannya sangat luar biasa memanjakan mata. 

Oke sobat milenial, itulah lima tips jalan-jalan ke Nusa Penida ala Fitro Bagus. Sampai jumpa di trick and tips selanjutnya yaaa. (FB)

Posting Komentar untuk "Murah Meriah! Nih Lima Tips Jalan-Jalan ke Nusa Penida ala Fitro Bagus"