Keren Banget, Tanam Pohon di Atas Tebing Pantai Serang Blitar

Yaps, bener banget kalo kata-kata "hal kecil bisa berdampak besar". Hari ini baru aja aku ngelakuin hal yang mungkin sederhana sih bagi orang lain. Tapi menurutku  ini sangat keren dan bisa banget berdampak besar dalam jangka panjang.

Hari ini aku dan teman-teman pemuda desa melakukan penanaman pohon di salah satu lahan milik David Naviria temen satu tongkronganku. Lahan David berada di tebing Pantai Serang Blitar. Buatku  kegiatan penanaman pohon di Pantai Serang itu tambah keren karena murni dari inisiatif pemuda-pemuda desa yang peka terhadap perubahan iklim yang terjadi di Desa Serang, Blitar.

Perubahan iklim yang terjadi seperti ini bisa dibilang merugikan warga karena masyarakatlah yang merasakan dampaknya. Efek banjir membuat  pemuda-pemuda desa berinisiatif untuk melakukan penanaman pohon di Pantai Serang Blitar. Sebuah hal kecil yang bisa menyelamatkan bumi dan manusia.

Kegiatan menanam sudah dilakukan beberapa kali oleh warga Desa Serang Blitar bersama dengan sejumlah komunitas, diantaranya PSHT Rayon Panggungrejo dan komunitas pemancing BROFIC.

Patut diapresiasi jempol  masih ada pemuda-pemuda yang peduli banget sama alam.Terbukti komunitas pemuda desa yang tergabung dalam Serang Youth Creative (SYC) ikut berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon untuk kawasan hutan lindung percontohan di Pantai Serang Blitar.

Semangat itu yang membuat aku ikut serta menanam pohon buah-buahan di lahannya David. Karena apa? Ya karena kita sebagai makhluk sosial pasti butuh banget sama yang namanya alam. Bayangkan kalo alam kita bener-bener sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, banjir dimana-mana, angin kencang, hewan-hewan tidak bisa makan, dan masih banyak lagi. Kalo bukan kita yang mulai menanam,menghijaukan,dan menjaga alam, siapa lagi?

Aku berharap dengan menanam pohon untuk kawasan hutan lindung percontohan di Pantai Serang Blitar bisa berdampak besar ke depannya. 
Kegiatan menanam pohon memberikan dampak positif. Terbukti dengan publikasi kegiatan menanam oleh anggota SYC, Endik Koeswoyo di instagramnya, ada netizen yang langsung berdonasi untuk pembelian bibit pohon guna penanaman selanjutnya.

Jika kita perlakukan alam dengan baik, merawat dengan baik, tidak menebang pohon sembarangan, maka alam akan bersinergi dengan kita. Mari kita lestarikan alam seperti dulu lagi dengan mulai menanam pohon untuk kawasan hutan lindung percontohan.

Posting Komentar untuk "Keren Banget, Tanam Pohon di Atas Tebing Pantai Serang Blitar"