Ulik Rahasia Menulis Sinopsis FTV bersama Sifa Hasta di JPI Class on The Moon

 

Penulis: Sri Ayuningsih.           Editor: 

 JPI Class on The Moon hadir kembali dengan tema menulis Skenario, Film dan Serial. Dimentori Sifa Hasta dengan judul "Pentingnya Peran Setiap Pemain dalam Sinopsis FTV" sukses digelar pada Hari senin (14/6).

Pada awal materi Sifa Hasta menjelaskan terkait materi dasar standar penulisan sinopsis FTV. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan sinopsis FTV. Sifa juga menyertakan contoh premis cerita yang sedang tren saat ini. Salah satunya yakni konflik antara Artis - Ojol - Pembeli, Ojol - Pembeli.

Sifa Hasta juga memberikan contoh sinopsis FTV singkat sesuai standar Jaringan Penulis Indonesia (JPI). Contoh tersebut adalah miliknya yang telah lolos. Tujuannya tak lain agar semakin mudah dipahami oleh peserta JPI Class on The Moon.

Penulis ide cerita FTV SCTV yang berjudul Seblak Empire Hentikan Ledakan Cinta ini pun menyampaikan bahwa “Sesuai standar JPI, jumlah pemain dalam sinopsis FTV maksimal 7 orang. Oleh karena itu kita harus benar-benar memanfaatkan 7 orang itu dengan sebaik mungkin. Setiap pemain harus punya tujuan dan saling berkaitan satu sama lain.”

“Selain itu kita bikin juga satu peran pendukung berkarakter komedi, untuk memperkuat komedinya, karena FTV itu genrenya Romance Komedi,” jelas Sifa Hasta saat sesi sharing JPI Class on The Moon via grup WhatsApp JPI.

Sebelum sesi penyampaian materi berakhir, Sifa Hasta memberikan kursi bagi 6 orang perwakilan sahabat JPI. Mereka diberi tugas membuat sinopsis pendek 5 kalimat. Selanjutnya sinopsis tersebut akan didiskusikan bersama.

Kelas menulis Skenario yang dimoderatori Firda Shiewa ini disambut antusias sobat JPI. Berbagai pertanyaan seputar penulisan sinopsis terlontar dari peserta JPI Class on The Moon. Terlebih lagi pembahasan menarik ini akan diulik selama satu minggu. Tentunya masih bersama Sifa Hasta selaku mentor JPI Class On The Moon.

Terima kasih sudah berbagi ilmunya kak Sifa. (SA)

Posting Komentar untuk "Ulik Rahasia Menulis Sinopsis FTV bersama Sifa Hasta di JPI Class on The Moon"