Asyiknya Menikmati Pesona Pantai Pangandaran

 Penulis: Sifa Hasta - Editor: Servita Ramadhianti

Berlabuhnya perahu nelayan di Pantai Timur Pangandaran 

Kabupaten Pangandaran ialah sebuah kabupaten yang letaknya di bagian tenggara Provinsi Jawa Barat yang berbatasan dengan Cilacap, Jawa Tengah. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis yang terdiri dari 10 kecamatan dan diresmikan pada 25 Oktober 2012. Lebih menariknya lagi, kabupaten yang mempunyai logo ikan marlin ini terkenal akan keindahan pantainya, salah satunya Pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran yang masih menjadi destinasi wisata terkenal saat ini, rupanya dipenuhi wisatawan untuk mengisi libur akhir pekan. Bagi yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, Pantai Pangandaran ini bisa jadi pilihan yang cocok. Bagaimana tidak, debur ombak jadi obat ampuh untuk melepas penat.

Para wisatawan yang datang dapat menikmati beragam aktivitas di pantai ini. Contohnya saja seperti berenang, menaiki perahu (banana boat), dan memancing ikan. Selain itu, wisatawan dapat berjalan-jalan menelusuri sepanjang pantai yang sejuk sambil menatap pemandangan megah. Jika para wisatawan pecinta sepeda dan berkuda, di pantai ini juga disediakan penyewaan sepeda dan kuda. Menikmati keindahan alam bisa juga sekedar duduk santai di pinggir pantai sambil ditemani semangkuk bakso cuanki. Jika cuaca cerah, wisatawan bisa menikmati sunset dan sunrise di Pantai Pangandaran. 

Foto: instagram @berandapangandaran   
Ada hal yang unik lagi di Pantai Pengandaran, salah satunya pergelaran acara upacara hajat laut dan festival layang-layang internasional. Hajat laut digelar sebagai upacara melarung sesajen ke laut lepas. Tujuan para nelayan Pangandaran mengadakannya sebagai perwujudan rasa syukur. Kemudian ada festival layang-layang biasa dilaksanakan pada bulan Juni atau Juli. Puluhan ribu wisatawan lokal dan mancanegara memadati festival ini. 
 
Ketika perut terasa lapar yang tak tertahankan, wisatawan tak perlu khawatir bagaimana cara mengatasinya. Di Pantai Pangandaran, juga disediakan berbagai macam olahan laut (seafood). Olahan makanan seperti ikan, cumi-cumi, lobster, kepiting, dan hasil laut lainnya, tersedia di restoran atau warung makan di sekitar pantai dengan harga ekonomis. (SH)


Posting Komentar untuk "Asyiknya Menikmati Pesona Pantai Pangandaran "