Milenial


Kenny Gulardi, Generasi Milenial Sutradara Masa Depan

Foto: PIM Pictures

Industri kreatif membuka kesempatan yang luas bagi para sineas muda Indonesia untuk berkarya. Peluang bisnis yang muncul di era digital bahkan diyakini mempercepat lahirnya sutradara-sutradara baru.

Usia boleh saja muda, namun pembuktian lewat karya setidaknya mampu meyakinkan banyak pihak bahwa sutradara milenial seperti Kenny layak untuk diperhitungkan. 

Kenny Gulardi adalah satu dari sekian banyak sutradara milenial yang mampu membuktikannya. Kenny Gulardi merupakan alumni Institut Kesenian Jakarta (IKJ) jurusan Film dan TV, mayor Penyutradaraan.

Berawal dari peserta magang di rumah produksi PIM Pictures, Kenny diberikan kesempatan oleh pendiri PIM Pictures, Agustinus Sitorus untuk menyutradarai serial (webseries) youtube Gue Harus Move On. Tak hanya itu, dalam serial Gue Harus Move On Kenny juga menunjukkan kepiawaiannya dalam menulis skenario. 

Kenny Gulardi arahkan pemain dalam The Ways (Foto: PIM Pictures)

Sukses membuat penonton youtube baper lewat serial Gue Harus Move On, Kenny Gulardi pun dipercaya Endik Koeswoyo sebagai asisten sutradara serial The Ways garapan PIM Pictures. Dalam serial The Ways Cinta Jalan Terus yang diprakarsai oleh Jasa Raharja ini, Kenny juga membuktikan kemampuannya berkolaborasi dengan Endik Koeswoyo untuk menulis skenario yang ciamik.

"Menurut saya, Kenny Gulardi itu salah satu generasi Millenial yang akan menjadi sutradara masa depan. Kemampuan menerjemahkan skenario menjadi adegan di atas rata-rata, untuk remaja seusianya," ungkap Endik kepada tim milenialbanget.com (28/4)

Lulusan IKJ pada 2020 lalu ini menyatakan bahwa kolaborasi dirinya dengan Endik Koeswoyo dalam menulis dan menyutradarai The Ways menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

"Sangat bersyukur dan senang sekali, mengingat karir saya di industri ini yang baru seumur jagung mendapat tawaran dari seorang Endik Koeswoyo yang sudah melalang buana jauh di industri ini. Maka dari itu, saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini dan berusaha untuk all out (maksimal) selama proses pra produksi dan produksi berlangsung," ujar pria kelahiran Jakarta, 25 April 1998 ini.

Endik Koeswoyo dan Agustinus sutradara The Ways (Foto: PIM Pictures)

Setali tiga uang, Agustinus Sitorus juga mengamini kata-kata Endik Koeswoyo. Kenny mendapat kepercayaan Agustinus Sitorus dalam serial The Ways karena telah sukses menulis dan menyutradarai serial Gue Harus Move On yang telah menyedot ratusan ribu penonton di setiap episodenya.

"Bagi saya, Kenny itu sutradara masa depan yang kalau dia tetap fokus dengan mimpinya, akan berada di posisi puncak sebagai sutradara beken. Tapi, industri ini tetap ada dinamika, tinggal Kenny menyesuaikan dinamika itu. Overall, dia (Kenny) memiliki kemampuan menuju posisi puncak," kata Agustinus yang selalu memberikan kesempatan anak muda untuk berkarya.

Kenny mengarahkan pemain The Ways (Foto: PIM Pictures)

Meski telah menempuh pendidikan di IKJ, sebagai sutradara milenial masa kini, Kenny Gulardi mengakui bahwa jam terbang yang banyak di lapangan membuat pengetahuan Kenny semakin meluas.

"Banyak ilmu yang saya pelajari dari mas Endik tentang industri film dan juga teknik penulisan skenario. Pelajaran yang tidak diajarkan di kampus yang hanya bisa didapat langsung  di lapangan dari orang yang sudah berpengalaman," tutupnya optimis.

Karya Kenny Gulardi 

Serial:
- Web Series The Ways Cinta Jalan Terus, (Penulis & Asisten Sutradara) 2021
- Web Series Gue Harus Move On (Penulis & Sutradara) 2020

Film Pendek:
- Best story Lampung film fest 2019
- Best Supporting Actor Lampung Film Fest 2019
- Nomine Best Film Lampung Film Fest 2019
- Nomine Best Supporting Actor Female Lampung Film Fest 2019
- Best movie Mahasiswa Bicara Film UI Film Festival 2018

- Official Selection UCIFEST 2018
- Official selection Brwaijaya Film Exhibition 2018
- Official selection UPH Film Fest 2019
- Official selection Fasilogi Film Fest 2019
- Official selection Layar Kita Film Exhibition 2019
- Official selection Parade Film MMTC 2019
- Official selection Tebas Award 2019
- Official selection Sineroom Semarang 2018
- Official selection Pekan Film Makasar 2019

- Juara 3 lomba film pendek tingkat SMA di Universitas Sahid
- Juara 2 lomba film pendek tingkat SMA di SMAN 54
- Juara 2 lomba film pendek tingkat Mahasiswa di Universitas Al Azhar
- Juara 2 lomba film pendek tingkat Nasional di Universitas Gajah Mada


Posting Komentar

0 Komentar