Recents in Beach


Asyiknya Ngemil Jajan Zaman Now, Kri-Uk


Penulis: Ria M.
Foto: FB. Kri-Uk Kripik Krupuk

LAMPUNG, MilenialBanget.Com -
Zaman now memang identik dengan hal-hal yang serba unik dan kreatif. Jadi gak  heran sesuatu yang beda bisa cepat bikin viral. Ya gak sobat milenial? Salah satu yang unik dan beda adalah kripik asal Lampung.  Bahannya yang berbahan dasar buah menjadi unik karena bisa menjadi camilan berbentuk kripik yang tahan lama. Kri-Uk adalah salah satu rumah produksi dan pemasaran kreatif yang sudah merintis usaha kripik sejak 2012. Setelah 7 tahun berjalan, kini toko oleh-oleh khas Lampung bernama Kri-Uk hadir dengan aneka rasa buah dan bumbu yang nggak akan sobat milenial temui di tempat lain. Kri-Uk menghadirkan kripik dengan vaarian original cokelat, balado, pedas manis, jagung bakar, keju manis, dan sapi panggang. Ada juga loh keripik nangka dan gak ketinggalan juga kripik unggulannya yaitu kripik nanas.

Kripik nanas yang memiliki cita rasa asam manis khas ini 100% tanpa tambahan gula lho. Dibuat dari bahan baku pilihan dengan 3 kategori, yaitu Grade A untuk buah nanas dengan berat diatas 1kg, Grade B untuk nanas ukuran 0.5-1kg, dan Grade C dengan berat 0.25-0.5kg.

Berbagai seminar dan pelatihan yang kerap diikuti pemilik Kri-Uk sejak tahun 2017 membuat camilan Kri-Uk makin matang dalam menjalani usahanya. Apalagi saat ini Kri-Uk sudah mengantongi sertifikat HALAL. Kripik diolah dengan penuh cinta, jadi pantas saja rasanya tak hanya manja di lidah tapi juga ngena di hati. Teksturnya kripiknya yang gurih, super renyah, garing membuat siapa saja yang memamakannya akan ketagihan dan tak mau berhenti memakannya. Kri-Uk yang dikemas praktis cocok dinikmati di manapun dan kapanpun nggak pakai ribet.


Menurut Kemenkes RI, kandungan dalam satu buah nanas meliputi air, energi, protein, serat, vitamin C, dan lemak. Eits! jangan takut gendut sobat milea. Kri-Uk komposisi lmaknya dikit banget lho ya hanya 0,3% gr. Kandungan tersebut tergolong yang terendah dibanding protein dan serat yang masing-masing mengandung 0,6 % gr. Ulaaa… nggak pengen ribet? kuylah ngemil kripik nanas ala Kri-Uk aja yang aman dikonsumsi karena digoreng dengan mesin khusus. Sensasi ngunyahnya bikin merem-melek, cetar banget, dan cocok jadi cemilan pengusir galau ala zaman now.


“Ide awal karena Nanas yang dipanen adik saya melimpah dan banyak yang dibiarkan membusuk karena harga yang merosot. Saya kasihan modal banyak, nggak balik,” kata Sukatni Yanto pemilik oleh-oleh Kri-Uk. “Mulai saat itu saya berpikir bagaimana memanfaatkannya,” tambahnya.

Gak cuma di toko sendiri, Kri-Uk juga sering hadir di berbagai pameran makanan daerah seperti Lampung Fair dan Bulan Bhakti Karang Taruna Seputih Mataram. Berhubung zaman now banyak yang jualan online leat medsos,  maka Sukatni Yanto memanfatkan peluang tersebut untuk berjualan. Sukatni menjadikan facebook sebagai wadah untuk memasarkan produk-produk Kri-Uk buatannya.

Tantangan selama usaha tentu pernah dirasakan oleh sang pemilik. Sukatni mengatakan meski pesanan mulai datang dari luar, tapi ongkos kirim menjadi kendala terbesar ketika menjual ke luar daerah.

"Kri-Uk pernah coba membuka peluang mitra, tapi sayang banget karena kendala ongkos kirim banyak yang nggak aktif," papar pria yang tinggal di Desa Pajar Mataram, Seputih Mataram Lampung tengah ini.


Harga aneka kripik yang dijejer di toko Kri-Uk depan pasar Merapi ini murce alias murah cekaliii sobat milenial yaitu berkisar antara Rp 6.000 sampai Rp10.000 per 100gram-nya. Kri-Uk melayani pembelian grosir dan eceran. Jadi, bagi sobat milenial yang jauh di mata, boleh banget memakai jasa ekspedisi termurah karena Kri-Uk siap melayani pengiriman sesuai pesanan. Cus, langsung datang ke toko “Kri-Uk” yang beralamat di depan pasar Merapi Seputih Mataram, Lampung tengah. Selamat menikmati ya! (RM)

Posting Komentar

0 Komentar