Recents in Beach

Servita "Inyong" Gadis Kalimantan Yang Menulis Cerita FTV DI 29 Tahun SCTV



Penulis: Ria M

Kalimantan Timur - MilenialBanget.com - "Ketika merasa tertekan pada sesuatu, segera dibicarakan baik-baik dengan yang bersangkutan. Jangan asal kabur dan lari dari masalah."

Begitulah pesan spesial yang dibalut dengan cerita romantis komedi khas FTV remaja. Kali ini sang penulis, Inyong, mengusung angka 29 pada judulnya karena dipersembahkan istimewa dalam rangka HUT SCTV yang ke-29. Pada kesempatan ini Nyong juga menyampaikan doa istimewa untuk SCTV.

"Semoga SCTV terus menayangkan sesuatu yang berkualitas, penuh motivasi, dan menampung seluruh kreasi anak negeri," imbuhnya.

Bukan kali pertama, Nyong juga pernah menulis ide cerita FTV dan berhasil tayang pada Januari 2018 dengan judul Rockerwati Kepincut Babysitter Ganteng. Bedanya kalau saat itu masuk dapur rumah produksei Screenplay, tahun ini Nyong berhasil menembus rumah produksi Starvision.

Tak hanya eksis di dunia per-FTV-an saja, gadis multitalenta tersebut ternyata juga juara di berbagai bidang. Lalu, siapakah dia?

Nyong sebenarnya hanya nama panggilan dari Servita Ramadhianti, gadis cantik asal Balikpapan Kalimantan Timur yang kini berusia 21 tahun. Nyong sendiri adalah nama beken yang melekat sejak SMA kelas satu di Bontang, Kalimantan Timur. 

"Itu nama panggilan saat aku di PMR (Palang Merah Remaja). Temen-temen bilang nama Servita itu sulit dan saya patenkan nama Inyong itu," papar gadis yang kini berstatus mahasiswa di UIN Kota Malang.



Nama Inyong saat itu terpikirkan karena mudah diingat. Nama itu pula yang dianggap mujur menyertai keberhasilannya memboyong label juara dalam bidang pendidikan, hobi, dan pengembangan diri. Sederet prestasi Inyong terlihat dari capaiannya sejak 6 tahun yang lalu.

Juara 1 Cerdas Cemat 4 Pilar UUD 1945 2013
Juara 1 Duta Baca Kota Bontang 2015
Juara 1 Lomba Storytelling Kota Bontang 2015
Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris Kota Bontang 2015
Juara 2 Akustik Se-Malang Raya 2017
Juara 2 Mahasiswa Berprestasi UIN Malang 2018
Juara 2 Debat Bahasa Inggris Kota Bontang 2015
Juara 3 Cerdas Cermat Anti Narkoba Kota Bontang 2014
Juara 3 Rap Genre Anti Narkoba 2015
Juara 3 Presentasi Siaga Bencana PMR Kota Bontang 2014
Juara Favorit Rap Genre Anti Narkoba Kalimantan Timur 2016
Penulis Sinopsis FTV, “Rockerwati Kepincut Babysitter Ganteng,” Screenplay Production SCTV 2018
Penulis Antologi Puisi, “Coretan Tanpa Titik,” 2015
Delegasi Borneo Youth Change Makers 2015 se-Kalimantan
Delegasi Indonesia YES ASEAN bidang Hiphop Rap se-ASEAN 2016
Delegasi Asia Student Summit Seoul 2016
Delegasi Olimpiade Kimia Provinsi Kalimantan Timur 2015
Delegasi Parade Cinta Tanah Air Kalimantan Timur 2015
Best Speaker Debat Bahasa Inggris Kota Bontang 2015
Kontributor 15 Cerpen yang dibukukan di Penerbit Indie Nasional

Semasa SMA Inyong sudah menulis cerpen dan ketika masuk perkuliahan ia disibukkan dengan kegiatan jurnalistik di kampusnya. Perjalanannya di dunia jurnalistik tak mulus akibat perbedaan karakteristik dan sudut pandang ketika menulis fiksi dan non fiksi. 

"Aku nggak tahu gimana caranya menulis berita. Soalnya jurnalis yang aku ikutin jurnalisme kritis, nggak asal nulis dan wawancara. Harus ada teknik dan outlinenya," ujarnya mengingat kilas balik di dunia kepenulisan.

Beberapa kali tulisannya mendapat penolakkan, namun semua terlewati setelah Inyong berhasil menerbitkan berita pertamanya. Dari situlah, Nyong mampu menulis straight news, indepth news, dan majalah. Perempuan yang dikenal powerfull inipun tak puas hanya menulis berita. Ia juga ingin menekuini bidang perfilman dan sastra karena baginya semua bidang kepenulisan memiliki keunikan tersendiri.

Meskipun tahun ini ia hanya menulis ide cerita atau sinopsis untuk FTV-nya, namun besar harapan kedepan namanya mejeng di layar kaca sebagai penulis skenario. (RM)

Posting Komentar

0 Komentar