Recents in Beach

Tips Wawancara Pakai Aplikasi WhatsApp


Milenial setuju gak sih, ternyata makin maju teknologi maka makin mudah jalan kita untuk meningkatkan eksistensi diri. Kamu boleh setuju, boleh juga gak. Tapi, ini realita loh. Coba deh, berapa banyak informasi yang kita dapatkan hanya lewat ponsel yang ada dalam genggaman? Bayangin deh, hanya dari grup-grup WhatsApp, seseorang yang awalnya bukan siapa-siapa bisa mendadak menjadi perbincangan di jagat maya. Pertanyaannya apa kita hanya jadi penyebar dan pembaca?

Kini saatnya kita kembangin diri. Kamu pasti punya keinginan dong gimana caranya cerita kamu bisa dibaca orang sedunia? Tenang aja, karena di sini kamu bisa dapatin tips bagaimana kamu bisa menulis dan mewawancarai narasumbermu layaknya seorang jurnalis.

Perlu dicatat nih Milenial, bahwa kemudahan teknologi membuat kita jadi mudah berbagi informasi. Jika dulu untuk memuat sebuah konten berita seorang penulis harus mendatangi narasumber (narsum) kemanapun ia pergi, maka kini dengan aplikasi pengirim pesan kamu bisa mendapatkan informasi tentang narasumbermu dengan cepat dan mudah. Fitur yang dihadirkan dalam aplikasi pesan WhatsApp misalnya sudah dilengkapi dengan berbagai pilihan, seperti fitur berbagi dokumen, foto, video, nomor kontak, lokasi kamu berada, dan alamat. Tak hanya itu, fitur video call dan layanan berkirim pesan suara (voice note) kian mempermudah pekerjaanmu yang tadinya dilakukan dengan tatap muka terwakili oleh ponsel sebagai media perantara.

Lalu bagaimana wawancara jarak jauh dengan berbekal WhatsApp? Berikut tips keren untuk kamu para citizen journalist milenial.
  1. Tentukan apa saja tema yang mau kamu angkat dan siapa narsum yang akan kamu muat dalam tulisanmu.
  2. Jalinlah komuniasi dengan narasum yang kamu pilih. Kamu juga bisa mengenalnya melalui rekomendasi kerabatmu.
  3. Dapatkan nomor kontaknya. Pastika nomor kontaknya terkoneksi dengan WhatsApp. Pastikan juga bahwa narasumber bersedia untuk disapa lewat WhatsApp.
  4. Jelaskan secara singat bahwa kamu akan menjadikannya sebagai narsum untuk tulisan yang akan dimuat di blog, atau media sosialmu. 
  5. Perkenankan narasumbermu untuk memilih media terbaik untuknya menjawab. Beberapa pilihan bisa kamu tawarkan, mulai dari percakapan WhatsApp, lewat video call,  lewat pesan suara WhatsApp, email, atau bahkan youtube.
  6. Tentukan batas waktu untuk narasumbermu menjawab pertanyaan. Katakan saja bahwa berita yang kamu tulis akan segera ditayangkan oleh tim kreatifmu.
  7. Mulailah menulis. 
  8. Tentukan judul setelah tulisanmu selesai.
Gimana? Gampang kan, Milea?
Teknologi membuat pekerjaan Milea menjadi mudah dan murah. Ingat! Narasumbermu adalah Intan dan Berlianmu yang harus dijaga dan diperlakukam bak ratu dan raja di jagat maya. Selamat wawancara ya, Milea!

Posting Komentar

0 Komentar